CJH Kepri Berangkat Kloter Pertama

TANJUNGPINANG, IsuKepri.Com — Calon jamaah haji (CJH) Kepri akan berangkat melalui kelompok terbang (kloter) pertama ke tanah suci. Ini merupakan hasil keputusan rapat penentuan kloter Embarkasi Batam di Hotel PIH Batam Centre, pekan lalu.

“Kloter pertama Embarkasi Batam menuju Arab Saudi akan berangkat pada 21 September 2012, pukul 10.00 WIB dengan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines SV 5505,” ungkap Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepri, Erizal Abdullah.

Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Pekanbaru ini menjelaskan, rapat penentuan kloter dipimpin langsung oleh Sekretaris Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Cepi Supriatna. Dihadiri Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Handarlin Umar, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Riau, Tarmizi, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi, Mahbub Daryanto, dan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Kalimantan Barat, Husain Mahmud. Selain itu juga hadir perwakilan Saudi Arabian Airlines, Gembong Martadi dan para Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah dari Kanwil Kemenag Provinsi Kepri, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Sehari sebelum berangkat ke tanah suci, pada 20 September 2012, CJH kloter pertama sudah harus masuk Asrama Haji Batam Centre, Embarkasi Batam. Di Asrama Haji Batam Centre, seluruh CJH akan mendapatkan pembekalan pelaksanaan rangkaian ibadah haji di tanah suci.

Meski demikian, belum ditentukan CJH asal Kepri dari Kabupaten/Kota mana yang akan mengisi kloter pertama Embarkasi Batam. Hal itu dikarenakan proses pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) masih berlangsung hingga saat ini.

‘‘Biasanya nanti setelah pelunasan baru diketahui jumlah konkrit CJH asal masing-masing Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri. Penentuan kloter untuk tingkat Kabupaten/Kota akan dilakukan bersama Kepala Kantor Kemenag Kabupaten/Kota se Provinsi Kepri,” jelasnya.

Hingga 13 Agustus 2012, masih terdapat sebanyak 112 orang CJH asal Kepri yang belum melunasi BPIH. Dengan perincian Kota Batam 78 orang, Tanjungpinang 25 orang, Kabupaten Karimun 5 orang, Natuna 2 orang, dan Bintan 2 orang.

Berdasarkan PMA Nomor 11 Tahun 2012, jadwal pelunasan BPIH tahap awal akan berlangsung hingga 16 Agustus 2012. Kemudian dilanjutkan kembali setelah Idul Fitri pada tanggal 27 sampai 31 Agustus 2012.

Musim haji 1433 H/ 2012 M, Embarkasi Batam akan memberangkatkan sebanyak 9.888 CJH. Seluruh CJH akan diberangkatkan menggunakan pesawat Saudi Arabian Airlines berkapasitas 450 orang setiap kloternya. Pemberangkatan CJH dilakukan secara bertahap, mulai 21 September – 11 Oktober 2012.

Selain di kloter pertama, CJH Kepri juga akan berangkat pada kloter 5 dan 22 Embarkasi Batam. Sedangkan CJH Jambi akan berangkat melalui kloter 2, 3, 4 dan kloter 22.

Sementara itu, CJH Riau akan berangkat melalui kloter 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16 dan kloter 22. Sedangan CJH Kalimantan Barat akan berangkat melalui kloter 17, 18, 19, 20, 21 dan kloter 22. Kloter 22 merupakan kloter gabungan, terdiri atas CJH asal Kepri, Jambi, Riau dan Kalimantan Barat. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Desa Ekang Anculai Butuh Taman Baca Desa

Read Next

Sholat Id Tersebar di 441 Lokasi