• September 25, 2020

2014 Anambas Akan Swasembada Daging Sapi

Anambas, Isukepri.com – Jemaja Timur akan dijadikan sebagai daerah swasembada daging 2014 nanti. Hal ini bukan sesuatu yang mustahil karena saat ini populasi sapi sudah mencapai 1.500 ekor.

“Jemaja Timur memiliki populasi saat ini 1.500 ekor sapi. Setelah didata, kita akan melakukan banyak program untuk menargetkan populasi meningkat,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pertanian dan Kehutanan (Distanhut) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA), Iswandi. Rabu (08/08).

Dengan kondisi seperti ini, Iswandi juga mendatakan bahwa Jemaja Timur telah mampu mensuplai daging sapi qurban untuk seluruh wilayah Anambas.

” untuk tahun 2013 UPT menargetkan sebanyak 400 ekor induk sapi produktif tersedia di Jemaja Timur, agar menjaga ketetapan populasi sapi. ” ungkapnya.

Tahun ini Jemaja Timur mendapatkan 15 ekor lembu untuk dipinjamkan pada peternak. Setiap peternak akan menerima tiga ekor sapi yakni satu jantan dua betina. Tiga ekor ternak ini, katanya, dipinjamkan selama lima tahun. Kemudian dikembalikan kepada pemerintah untuk digulirkan pinjaman pada peternak yang lain.

Selanjutnya, UPT Distanhut akan melaksanakan kawin suntik bagi ternak sapi.
“Tahun depan ini akan dilaksanakan kawin suntik untuk sapi. Guna meningkatkan produksi kelahiran anak sapi. Kita harapkan Jemaja Timur bisa menjadi sentra peternakan yang menyuplai daging sapi lokal dan luar daerah nantinya,”pungkas Iswandi (HLN/Slk)

0 Reviews

Write a Review

suprapto

Read Previous

Rempang-Galang akan dikelola Pemko dan BP Kawasan

Read Next

Istri Gerebek Suami Sendiri di Salah Satu Hotel di Lingga