• September 28, 2020

Akhirnya, Takbir Berkumandang di Seluruh Penjuru

BATAM, IsuKepri.Com — Takbir yang menandai berakhirnya Ramadhan 1433 H/ 2012 M telah berkumandang di seluruh penjuru. Semua masjid, musholla dan di sepanjang jalan terdengar suara takbir berkumandang.

Kumandang takbir dilantunkan usai sholat maghrib, setelah ada kepastian dari Menteri Agama RI, Suryadharma Ali melalui sidang isbat. Sidang penentuan Hari Raya Idul Fitri 1433 H ini akhirnya menetapkan bahwa 1 Syawal jatuh pada Minggu, 19 Agustus 2012.

“Berdasarkan hasil sidang Isbat, mari kita kumandangkan takbir tanda masuknya 1 Syawal,” ujar Sogirin, Pengurus Masjid Al Mujahidin, Perumahan GMP Duriangkang, Sei Beduk, Sabtu (18/8/2012) sekitar pukul 18.30 WIB.

Keputusan hasil sidang Isbat yang menyatakan besok merupakan 1 Syawal tersebut disambut gembira seluruh umat muslim di Batam. Mengingat tidak adanya perbedaan awal Idul Fitri, sebagaimana terjadi pada Idul Fitri tahun sebelumnya ataupun penentuan awal Ramadhan 1433 H.

“Alhamdulillah lebaran Idul Fitri tahun ini tidak ada perbedaan, sehingga lebih meriah dan meningkatkan ukhuwah,” ujar Abdul, salah seorang warga Kecamatan Sei Beduk.

Selain mengumandangkan takbir, kepastian 1 Syawal esok hari juga disambut berbagai elemen masyarakat untuk ikut serta melaksanakan pawai takbir. Sejumlah kendaraan hias dan pengeras suara telah siap mengangkut jamaah untuk bersama-sama menuju dataran Engku Putri Batam Centre. Di jalan raya depan Masjid Agung Batam inilah seluruh peserta pawai takbir keliling akan dilepas Walikota Batam, Ahmad Dahlan.

Persatuan antara umat Islam ini juga disinggung Suryadharma Ali dalam sidang Isbat penentuan awal 1 Syawal, bertepatan Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Menurutnya, penentuan sidang Isbat ini penting untuk memperkuat persatuan umat Islam.

“Momentum Hari Raya Idul Fitri 1433 H selayaknya menjadi ikhwal penting bagi umat muslim untuk kembali fitrah. Umat Islam, dengan semangat Idul Fitri, harus menjaga kesucian diri dan persatuan umat,” katanya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Mantan Gubernur LIRA, KPK Bodong Dapat Remisi

Read Next

Meriah, Pawai Takbiran di Batam Berhadiah Rp25 Juta