Waspada !! Ketahuilah Jenis Penipuan di Facebook

Tahukah anda jika selama ini, pengguna Facebook selalu menjadi incaran dedemit dunia maya ? jika anda pengguna fanatik jejaring social ini, berarti anda termasuk incaran mereka !

Facebook kini telah tumbuh menjadi perusahaan yang sangat sukses dibidang media social dan sudah menjadi gaya hidup masyarakat dunia hal ini disebabkan karena inovasinya yang sangat menarik dan juga strategi marketingnya yang terbilang bagus.

Perusahaan antivirus Norton menyatakan, Facebook memiliki inovasi unik dan produk yang cerdas serta strategi pemasaran yang menyebabkan user tanpa henti menekan tombol “‘like”‘ dan memposting update status sepanjang hari.

Namun, kesuksesan Facebook juga diikuti dengan ancaman serangan yang sewaktu-waktu bisa menimpa pengguna situs jejaring social tersebut.

“Hanya saja Facebook tidak hanya menjadi media utama untuk berbagi ide dan berinteraksi dengan teman-teman, tetapi juga menjadi tempat serangan yang booming untuk hampir setiap penjahat dunia maya,” lanjutnya.

Dengan mengambil keuntungan dan kepercayaan user di dalam hubungan jaringan mereka, dedemit maya berupaya menyebarkan kode berbahaya (malware) dan mengirim pesan spam dengan menggunakan trik rekayasa sosial untuk menyebarkan pesan mereka ke ribuan user yang tidak curiga.

Norton telah melansir, sejumlah serangan/penipuan yang sering terjadi di Facebook, berikut ulasannya :

1. Like / Berbagi Umpan
Jenis: rekayasa sosial
Hasil: Pengguna menyukai link

Suka atau berbagi umpan yang terjadi ketika seorang hacker bertindak sebagai sumber yang dapat dipercaya dan meminta pengguna mengklik like pada halaman update, foto, video atau status untuk mengakses konten khusus (biasanya sensasional).

Ketika usermengklik tombol “like”,kemungkinan diarahkan untuk survei yang mengharuskan user untuk mengisi beberapa informasi pribadi, mendaftar untuk layanan berlangganan, atau bahkan mereka memposting link beberapa kali di Facebook.

2. “‘Like”‘ Clickjacking
Jenis: Social engineering / penipuan
Hasil: Pengguna menyukai link

‘Like”‘ clickjacking terjadi ketika hacker menyajikan kepada tampilan sebuah video dengan sebuah tombol “‘bermain”‘ sederhana, tapi sebenarnya ada sebuah frame yang tidak terlihat pada halaman dengan tombol tersembunyi “like”. Ketika user “like” halaman tersebut, posting status update muncul  di dinding user yang lainnya – menyebabkan teman-teman mereka penasaran dan tergoda untuk mengunjungi halaman tersebut.

3. Tagging
Jenis: Spam
Hasil: Sebuah pesan spam yang ditampilkan

Tagging terjadi ketika user meng upload iklan atau foto dan kemudian ditandai kepada serangkaian orang secara acak. Jika pengaturan user memungkinkan untuk memberitahukan ketika user  ditandai, user akan menerima email yang meminta untuk melihat gambar. Orang-orang yang ditandai dan teman-temannya meng-klik yang sudah ditandai dan diarahkan kepada spam.

4. Phishing
Jenis: Rekayasa Sosial
Hasil: Dapat membaca dan mengendalikan akses ke akun user

Phishing adalah pesan palsu yang memberitahkan user bahwa mereka akun Facebook mereka ditangguhkan, atau mengambil bentuk dari permintaan pertemanan yang ditunda. Bila user klik pada link tersebut, hal tersebut akan membawa user ke halaman login palsu untuk informasi akun user.

Halaman login palsu akan merekam user ID dan password dan kemudian menggunakannya untuk mendapatkan akses yang tidak terbatas ke akun user, dan memungkinkan akan mendapatkan informasi yang terperinci ke dalam password user untuk kegiatan online lainnya seperti internet banking.

 

Jadi anda tidak perlu hawatir lagi, karena kini anda sudah mengetahui jenis-jenis serangan tersebut, jika melihat hal-hal seperti yang disebutkan diatas, maka jangan sampai anda tergoda dan terjebak

fendi

Read Previous

Ramadhan, Jam Kerja PNS Berkurang Dua Jam

Read Next

15 Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia