• September 27, 2020

Spanyol Juarai EURO 2012

Kiev, Olympic Stadium, Spanyol berhasil menjuarai EURO 2012 setelah berhasil menumbangkan Italia dengan skor meyakinkan 4-0. Dengan ini, Spanyol mencatat sejarah baru sebagai satu-satunya kontestan Piala Eropa yang berhasil menjuarai Piala Eropa dua kali berturut-turut (2008 dan 2012). Spanyol juga mencatat sejarah sebagai satu-satunya negara yang berhasil menjuarai tiga turnamen bergengsi secara berturut-turut, yaitu EURO 2008, Piala Dunia 2010 dan EURO 2012.

Pesta gol pertama Spanyol dibuka pada menit 14 oleh gelandang serang David Silva. Memanfaatkan umpan silang dari Cesc Fabregas, ia menyundul bola dan gol!! 1-0 untuk Spanyol.

Sial bagi Italia, pertahanannya mulai goyah setelah pada menit ke 21, bek tangguh Giorgio Chiellini terpaksa ditarik keluar karena mengalami cedera.

Gol kedua Spanyol terjadi pada menit 41, Jordi Alba sukses menjebol gawang Gianluigi Buffon setelah memanfaatkan umpan terobosan dari Xavi Hernandez. 2-0 untuk keunggulan Spanyol.

Awal babak kedua, Italia mengganti striker Antonio Cassano dengan Antonio Di Natale. Masuknya Di Natale menambah daya gedor Italia, hanya saja beberapa tendangan kerasnya masih bisa ditepis oleh Iker Casillas.

Kesialan Italia semakin menjadi-jadi setelah pada menit ke 61, salah satu pemain yang baru saja masuk malah mengalami cedera. Ia adalah Thiago Motta. Terpaksa pelatih Cesare Prandelli menarik kembali Motta. Motta adalah pengganti ketiga dan sejak saat itu, Italia terpaksa bermain dengan 10 orang.

Menit 75, Fernando Torres masuk menggantikan Cesc Fabregas. Pahlawan Spanyol di EURO 2008 ini langsung mencetak gol. Gol Torres terjadi pada menit 75. 3-0 untuk keunggulan Spanyol.

Ada mitos yang mengatakan bahwa jika Torres telah mencetak gol untuk Spanyol, maka Spanyol tidak akan kalah.

Pada menit ke 88, Torres mengirimkan umpan kepada Juan Mata dan berhasil dikonversi menjadi gol. 4-0 untuk keunggulan Spanyol.

Hingga akhir pertandingan, skor tetap tidak berubah dan Spanyol berhak atas trofi EURO 2012. Berakhir sudah EURO 2012 Polandia-Ukraina. Sampai jumpa 4 tahun lagi di EURO 2016 Prancis.

Selamat, Spanyol!!!

Spanyol, juara EURO 2012. Foto dari catatanbola.com
Spanyol, juara EURO 2012. Foto dari catatanbola.com

Susunan pemain:

Spanyol (4-3-3): Casillas (c); Arbeloa, Pique, Ramos, Alba; Busquets, Xavi, Xabi Alonso; Silva (Pedro 58″‘), Fabregas (Torres 75″‘), Iniesta (Mata 87″‘).

Italia (4-3-1-2): Buffon (c); Abate, Barzagli, Bonucci, Chiellini (Balzaretti 21″‘); Marchisio, Pirlo, De Rossi; Montolivo (Motta 55″‘); Balotelli, Cassano (Di Natale 46″‘).

0 Reviews

Write a Review

Andria Gutama

Read Previous

Lingkungan Bisa Hambat Potensi Anak Disabilitas

Read Next

Kemah Santri Nusantara Akan Pecahkan Rekor MURI