• September 26, 2020

Serial Wisata Indonesia : Sumatra Utara

Penduduk Sumatra Utara dapat dibagi menjadi beberapa suku utama: 1) Melayu Pesisir, yang tinggal di sekitar selat Malaka, 2) Batak, yang terdiri atas beberapa bagian dan menempati daerah sekitar danau Toba dan pulau Samosir, antara lain Karo, Toba, Dairi, Simalungun, Angkola atau Mandailing bagian selatan Tapanuli, dan penduduk Nias di daerah pantai barat provinsi ini. Masing-masing suku ini memiliki bahasa, kepercayaan, dan kesenian yang berbeda.

[tab name=”1″]Peternakan Buaya di Asam Kumbang, 10 kilometer dari jantung kota, di sana terdapat sekitar 2000 buaya dari berbagai jenis dan ukuran.

Taman Buaya Asam Kumbang

Tangkahan, kombinasi antara vegetasi dan topografi menjadikan ia sebagai daerah wisata yang tidak bisa ditemukan di tempat lain. Sungai Batang Serangan dan Buluh adalah sungai yang bersih dan di sekitarnya terdapat panorama indah sekaligus memberikan kesan mistik.

Tangkahan

[/tab]

[tab name=”2″]Brastagi adalah kota wisata yang amat menyenangkan, terletak di dataran Karo, ia terkenal akan bunga, sayuran dan buah-buahannya. Kunjungi pasar-pasar setempat untuk melihat kehidupan tradisional penduduk Karo. Kunjungi juga bukit Gundaling dan anda akan menemukan pemandangan gunung Silbayak dan gunung Sinabung, dan di sana terdapat hotel bergaya kolonial untuk tempat menginap.

Brastagi

Danau Toba-Parapat adalah danau terbesar di Asia Tenggara, dengan permukaan seluas kira-kira 1145 km persegi, dan merupakan danau terdalam di dunia, dengan kedalaman lebih dari 450 meter. Kota Parapat adalah kota yang dapat dikunjungi oleh turis dan terletak di tepi danau. Masyarakat Batak Toba dan Batak Simalungun yang menempati tempat ini adalah orang-orang yang ramah. Di sini anda bisa berenang, mengarungi danau dengan ski, kapal atau kano, atau memancing. Iklimnya sangat bersahabat dan ideal untuk tempat liburan dan beristirahat.

Danau Toba
Danau Toba

[/tab]

[tab name=”3″]Desa Jangga, terletak di tepi gunung Simanuk-manuk, sekitar 24 km dari Parapat. di sini anda dapat menemukan monumen Raja Tambun dan Ratu Manurung, dan beberapa rumah tradisional.

Desa Jangga

Pulau Samosir, terletak di tengah danau Toba, adalah tempat tinggal suku Batak Toba, pulau ini memiliki banyak kuburan batu dan perkampungan tradisional. Beberapa desa yang ada di Samosir antara lain desa Tomok, Tuk-tuk, Siallagan, dan Ambarita, layak untuk anda kunjungi.

Pulau Samosir

[/tab]

[tab name=”4″]Air terjun Sipiso-piso terletak di bagian utara danau Toba. Tinggi air terjun ini sekitar 120 meter.

Air Terjun Sipiso-piso

Kunjungi pulau Nias, dan anda akan melihat aktivitas “‘lompat batu”‘ yang merupakan bagian dari kehidupan sehari-hari.

Lompat Batu
[/tab][end_tabset] (dbs/andria)

0 Reviews

Write a Review

Andria Gutama

Read Previous

Pramusim Shanghai Shenhua vs Manchester United, Gol Pertama Kagawa

Read Next

Awas ! Virus berkedok iklan palsu di Facebook