• September 28, 2020

Perekaman e-KTP Terancam Molor

BATAM, IsuKepri.Com — Perekaman e-KTP di Kota Batam dikhawatirkan akan molor dari jadwal yang telah ditetapkan. Hal ini dikarenakan, sudah lebih sebulan pelaksanaan e-KTP, baru mampu menyelesaikan 88.365 data dari 707.430 data wajib e-KTP se Kota Batam.

“Kita khawatir e-KTP tidak selesai sampai Oktober nanti, mengingat hingga saat ini baru sekitar 10 persen,” kata Wakil Walikota Batam, Rudi di Batam Centre, Rabu (4/7/2012).

Menurut Rudi, sebenarnya seluruh Kecamatan sudah bertugas secara maksimal. Hanya peralatannya saja yang terbatas, 2 alat setiap kecamatannya. Sehingga pengerjaan perekaman e-KTP tidak bisa dilakukan lebih maksimal.

Untuk itu, Pemko Batam sudah mengajukan penambahan alat perekaman e-KTP ke Kementerian Dalam Negeri. Seperti peralatan e-KTP di Kabupaten Bintan ataupun Kota Tanjungpinang yang telah menyelesaikan e-KTP terlebih dahulu.

Berdasarkan data, jumlah perekaman data e-KTP di Kota Batam hingga 3 Juli 2012 adalah sebagai berikut. Kecamatan Batu Ampar 9.662 data, Lubuk Baja 11.676 data, Batam Kota 7.553 data, Sekupang 8.006 data, Batuaji 10.196 data, Bengkong 6.428 data, Nongsa 9.480 data dan Kecamatan Sagulung 7.809 data. Kemudian Kecamatan Sungai Beduk 6.575 data, Belakang Padang 5.299 data, Bulang 2.094 data, Galang 3.587 data.

Rudi mengimbau bagi masyarakat yang sudah dapat undangan untuk segera melakukan perekaman. Sedangkan yang belum mendapat undangan, masyarakat diminta untuk bersabar.

Pihak kecamatan juga diimbau untuk lebih mengoptimalkan kinerjanya. Terutama saat jam 16.00 WIB, dimana para pekerja sudah mulai pulang kerja.

Rudi masih mengharapkan, pada Oktober nanti, perekaman e-KTP sudah selesai dilaksanakan. Sementara untuk masyarakat yang KTP nya ada kendala, diimbau untuk segera mengurusnya ke Dinas Kependudukan.

“Agar NIK (Nomor Induk Kependudukan) nya bisa segera didaftarkan dalam program e-KTP,” katanya.

Selain itu, petugas juga diminta untuk memprioritaskan masyarakat yang sudah lanjut usia dan memiliki keterbatasan tubuh. Seperti dengan membuat loket khusus bagi mereka. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Batam Siap Permudah Kedatangan Wisatawan Singapura

Read Next

Erwinta Diduga Alirkan Rp759 Juta ke Dhana