• September 27, 2020

Kirab Gurindam 12 Catat Rekor MURI

BATAM, IsuKepri.Com — Kirab Gurindam 12 terpanjang di dunia mencatatkan rekor MURI dalam pembukaan Perkemahan Pramuka Pendidikan Islam Nusantara (PPPIN) 2012 di Dataran Engku Putri Batam Centre, Selasa (3/7/2012). Sebanyak 4.416 santri membawa setiap huruf dalam pasal 1 sampai pasal 12 Gurindam 12 diusung para santri yang terbagi dalam 12 kelompok.

Pengusungan setiap huruf dilakukan oleh seorang santri, dengan 12 warna yang menghiasi dataran Engku Putri Batam Centre. Pencatatan rekor MURI juga diiringi oleh 12 orang pemukul bedug dan tarian zapin yang mengisi PPPIN 2012 yang dibuka langsung oleh Menteri Agama RI, Suryadharma Ali. Turut hadir Gubernur Provinsi Kepri, Muhammad Sani, Wakil Gubernur Provinsi Kepri, Soerya Respationo, Walikota Batam, Ahmad Dahlan dan Wakil Walikota Batam, Rudi.

Dihadapan para peserta PPPIN, Suryadharma Ali meminta pramuka Santri meningkatkan rasa nasionalisme terhadap bangsa Indonesia. Sehingga terbentuk generasi-generasi muda yang memiliki karakter emas dan berkualitas.

“Kita berharap PPPIN 2012 dapat membentuk generasi muda berkarakter yang memiliki kecintaan terhadap tanah air dan bangsa,” katanya.

Sementara itu, Muhammad Sani menyatakan dukungannya atas kegiatan pembinaan melalui pramuka. Dia menyebut, pramuka termasuk pembinaan paling mendasar. Dia berharap, berharap pramuka di Indonesia dapat lebih berkembang kedepan.

“Kegiatan seperti ini harus terus dilakukan. Karena dengan pramuka rasa cinta dan bangga akan tanah air akan tumbuh dalam jiwa kita,” ujar Sani.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan berharap pelaksanaan PPPIN dapat meningkatkan kualitas penyelenggarannya dibanding dengan penyelenggaraan sebelumnya. Sehingga pelaksanaan perkemahan pramuka santri nusantara bukan hanya agenda rutin semata, melainkan menjadi sarana silaturahmi, sosialisasi dan pendidikan bagi para peserta perkemahan.

“Penyelenggaraan PPPIN harus dapat menghadirkan nuansa baru kepada peserta perkemahan. Sehingga pelaksanaan perkemahan akan membudaya dijiwa praja muda karana dan memberi angin segar kepada para santri untuk lebih giat dalam mencintai alam,” katanya.

Sedangkan Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Indonesia, Azrul Azwar menyampaikan, pramuka terbuka untuk siapa saja. Tidak ada perbedaan agama atau suku jika ingin bergabung di pramuka.

“Pramuka dapat membimbing watak dan akhlak mulia, kemudian meningkatkan rasa cinta akan tanah air dan rasa nasionalisme terhadap negeri,” jelasnya.

PPPIN 2012 merupakan penggabungan kegiatan Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) dan Pramuka Wirakarya Mahasiswa Perguruan Tinggi Islam (PWM PTI). PPSN dan PWM PTI merupakan perkemahan yang difasilitasi sepenuhnya oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Dengan tujuan untuk mengembangkan pramuka, baik itu yang ada di Pondok Pesantren maupun pramuka di Perguruan Tinggi Islam.

Dengan pelaksanaan PPSN dan PWM PTI, diharapkan pramuka semakin berkembang dengan baik. Dan penggabungan ini bertujuan untuk lebih mengefektifkan dan efisiensi kegiatan atas semakin banyaknya event nasional yang akan dilaksanakan.

Jika dilakukan penggabungan dua perkemahan ini, maka dipandang akan lebih efektif dan efisien, jelasnya.

Kegiatan yang akan dilaksanakan diantaranya akan ada berbagai macam perlombaan, penilaian dan aktivitas kepramukaan lainnya. Seperti penilaian kebersihan, penampilan budaya daerah, bazar makanan, pameran pesantren dan kerajinan dari masyarakat Kota Batam serta hiburan Band Ungu dari Jakarta.

Selain ada kegiatan perkemahan, disitu juga akan ada pameran pesantren dan bazaar. Bazar diperuntukkan bagi masyarakat umum yang ingin berjualan disana, dan itu sudah diatur oleh panitia khusus untuk pameran dan bazaar,” rincinya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Ulama Pesantren Makin Langka

Read Next

Korban Kebakaran Meninggal Saat Bolos Sekolah