• September 28, 2020

Batam Siap Permudah Kedatangan Wisatawan Singapura

BATAM, IsuKepri.Com — Pemerintah Kota Batam siap membantu kemudahan bagi wisatawan ataupun pengusaha Singapura yang masuk ke Batam. Kesiapan ini dinyatakan Walikota Batam, Ahmad Dahlan saat menerima kunjungan Duta Besar RI untuk Singapura, Andri Hardi bersama rombongan ke Batam, Selasa (3/7/2012).

“Batam siap membantu jika ada kesulitan seperti di imigrasi, bea cukai dan sebagainya, kata Ahmad Dahlan.

Dalam kesempatan tersebut, Ahmad Dahlan menyatakan kondisi ketenagakerjaan di Batam yang sangat mendukung bagi investasi. Meskipun pernah terjadi sejumlah aksi unjuk rasa yang dilakukan para pekerja, namun tidak sampai mengganggu rutinitas produksi perusahaan dan industri lainnya.

Terjaminnya iklim usaha yang kondusif, salah satunya ditandai dengan belum adanya keluhan dari para pengusaha. Terutama terkait ancaman dan gangguan terhadap para investor dan kegiatan usahanya di Batam.

Sebaliknya, Pemko Batam juga meminta Pemerintah Singapura melalui Duta Besar RI untuk Singapura agar juga mempermudah warga Indonesia, khususnya Batam yang akan masuk ke negara itu. Terutama dalam rangka melakukan kegiatan bisnis ataupun pariwisata.

“Banyak warga Batam yang bekerja atau berusaha di Singapura, kami minta supaya ini diperhatikan,” ujar Dahlan.

Menurut Ahmad Dahlan, permintaan ini dilakukan sebagai salah satu upaya guna mendukung peningkatan kegiatan perekonomian antar dua negara, Indonesia dan Singapura. Khususnya Batam yang memiliki letak geografis terdekat dengan Singapura.

Termasuk dalam pelaksanaan Geylang Festival di Singapura pada 21 Juli – 18 Agustus 2012 mendatang yang akan diikuti juga oleh UKM-UKM dari Indonesia, khususnya Batam. Yang diharapkan proses kedatangan para peserta dari Indonesia ke negara itu bisa lebih dipermudah.

Kunjungan rombongan KBRI Singapura ke Batam merupakan balasan atas kunjungan yang telah dilakukan Pemko Batam ke Singapura beberapa waktu lalu. Selain Dubes Andri Hardi, turut serta dalam rombongan antara lain Kepala Pensosbud KBRI Singapura Fachry Sulaiman, Koordinator Pensosbud KBRI Simon Sukarno, Atase Perhubungan Hary Setyobudhi dan Atase Imigrasi Effendy Parangin-angin.

“Ini cuma silaturrahmi mempererat hubungan antara kedutaan RI di Singapura dengan Pemerintah Kota Batam. Seharian tadi rombongan kedutaan meninjau beberapa kawasan industri dan pelabuhan,” kata Dahlan. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Perbaikan Jembatan VI Barelang Butuh Anggaran Rp11 Miliar

Read Next

Perekaman e-KTP Terancam Molor