Baru 9 Hotel Bersertifikasi Halal

BATAM, IsuKepri.Com — Hingga saat ini, baru 9 hotel di Kota Batam yang telah mendapatkan sertifikasi halal dari Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) Provinsi Kepri. Ke 9 hotel tersebut adalah Hotel PIH, Goodway, Vista, Harmoni One, Nagoya Plaza, Virgo, Golden View, Panorama Regency dan Hotel Pacific.

“Hingga saat ini, LPPOM MUI Provinsi Kepri sudah menerbitkan sekitar 800 sertifikat halal ke sejumlah hotel, restoran, rumah makan dan UKM,” kata Sekretaris LPPOM MUI Provinsi Kepri, Khairuddin Nasution BSc di Batam Centre, Jumat (27/7/2012).

Menurut Khaeruddin, untuk mendapatkan sertifikat halal ini, sebenarnya tidaklah sulit. Asal mau mengikuti sistem untuk dapat memiliki jaminan halal ini.

Ketegasan juga dilakukan agar sertifikasi halal yang dikeluarkan benar-benar bermanfaat bagi umat. Dengan tetap melakukan pengawasan secara kontinyu terhadap tempat-tempat yang telah bersertifikasi halal.

“Jika ada ketentuan yang dilanggar dan tidak taat, maka tiada maaf. Sertifikasi halal yang telah dikeluarkan akan dicabut,” ujarnya.

Pada awal Ramadhan 1433 Hijriah, secara kolektif LPPOM MUI Kepri telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah restoran dan hotel yang telah memiliki sertifikat halal. Sidak bukan hanya dilakukan pada saat ramadhan saja, namun bisa terjadi dan berlangsung kapan saja.

Selain itu, saat ada laporan masyarakat tentang adanya indikasi penggunaan bahan makanan tidak halal, maka pengurus LPPOM MUI Kepri akan turun mengecek ke lokasi. Untuk melihat kebenarannya apakah laporan tersebut sesuai dengan yang disampaikan atau tidak.

“‘Ini sudah menjadi kesepakatan bersama antara LPPOM MUI dengan pihak penanggung jawab restoran atau hotel yang membuat sertifikat halal,” imbuhnya.

LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kepri mengimbau agar umat muslim untuk berbuka puasa di tempat yang bersertifikasi halal. Baik di restoran, hotel maupun rumah-rumah makan yang ada di Kota Batam.

Dengan berbuka puasa di tempat yang bersertifikasi halal, maka kehalalan makanan dan minuman yang disajikan lebih terjamin. Sehingga akan lebih
aman dan mendapatkan ketenangan batin saat mengonsumsi makanan tersebut.

“Kami mengimbau agar umat muslim untuk berbuka puasa di tempat-tempat yang telah memiliki sertifikat halal,” katanya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Masyarakat Pulau Labu Butuh Transportasi Sekolah

Read Next

\” Tingkatkan Iman dan Taqwa, Kunci Keberhasilan,\” Ulung Syaputra Syafi\’ie