• September 26, 2020

Awas ! Virus berkedok iklan palsu di Facebook

Pengguna Facebook kembali menjadi incaran peretas, baru-baru ini ahli keamanan internet menemukan serangan baru dalam bentuk malware yang disamarkan menjadi iklan donasi palsu.

Iklan yang mengajak pengguna beramal untuk anak-anak miskin ini merupakan iklan palsu yang bertujuan mencuri informasi personal si pengguna.

Jika komputer sudah terinfeksi, malware tersebut dengan cepat akan menambahkan dirinya ke Facebook session.

Mekanisme injeksi malware ini adalah ketika pengguna yang sudah terjangkit virus ini melakukan login ke akun facebook selanjutnya akan muncul pop up yang mengajak pengguna berdonasi sebesar USD 1 untuk anak-anak yang memerlukan bantuan kemanusiaan. Selanjutnya, malware akan menanyakan nama, kartu kredit, tanggal batas berlaku kartu kredit dan password keamanan.

Yang membuat serangan ini terbilang canggih adalah, malware dikonfigurasi untuk menggunakan teks scam berbeda bergantung negara dan bahasa yang digunakan.

Ini bukan pertama kalinya para pengguna Facebook menjadi target penyebaran scam. Tentu saja, dengan jumlah pengguna aktif lebih dari 900 juta orang, Facebook adalah sasaran empuk pelaku kejahatan cyber melancarkan aksinya.

0 Reviews

Write a Review

fendi

Read Previous

Serial Wisata Indonesia : Sumatra Utara

Read Next

Filippo Inzaghi Pensiun, Jadi Pelatih Milan Junior