Semifinal EURO 2012 Jerman vs Italia (1-2)

Warsawa, National Stadium, 2 gol striker bengal tapi brilian Mario Balotelli berhasil membawa Italia menuju partai puncak EURO 2012. Di final, Italia akan menantang Spanyol yang telah sampai di final satu hari sebelumnya.

Pelatih Jerman Joachim Loew menurunkan skuad bintangnya termasuk pemain bintang Mario Gomez dan Lukas Podolski yang sempat diistirahatkan kala Jerman mengalahkan Yunani di fase semifinal.

Sementara di kubu Italia, pelatih Cesare Prandelli tetap mempercayakan ujung tombak pada duet Antonio Cassano dan Mario Balotelli.

Jerman mengambil inisiatif untuk menyerang terlebih dahulu, akan tetapi malah Italia yang unggul terlebih dahulu. Menit 20 Balotelli mencatatkan namanya di papan skor. Menyambut umpan silang Cassano, ia menyundul bola dan gol!! 1-0 untuk Italia.

Balotelli kembali menggetarkan jala kiper Manuel Neuer pada menit ke 35. Berawal dari sebuah serangan balik yang apik, Balotelli melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang tidak mampu dijangkau oleh Neuer. Gol!! 2-0 untuk Italia.

Pelatih Jerman Loew memutuskan untuk mengganti duet Gomez dan Podolski dengan Marco Reus dan Miroslav Klose.

Menit 61, tendangan bebas Reus hampir saja menghasilkan skor untuk Jerman andai saja Buffon tidak beraksi dengan penyelamatan gemilangnya.

Lini belakang Jerman benar-benar rapuh dan lemah menghadapi serangan balik di pertandingan ini. Neuer dan Badstuber seringkali melakukan blunder. Sayang kesempatan emas gagal dimanfaatkan oleh Claudio Marchisio dan Antonio Di Natale.

Jerman berhasil mencetak gol pada menit ke 92 setelah salah satu pemain Italia Balzaretti melakukan handsball. Mesut Ozil sukses menjadi algojo penalti. Gol! 2-1.

Italia lolos ke partai final, dan man of the match di pertandingan ini adalah jenderal lapangan tengah Italia Andrea Pirlo.

Susunan pemain:

Jerman: Neuer, Hummels, Badstuber, Lahm (c), Boateng (Muller 71″‘), Khedira, Schweinsteiger, Ozil, Kroos, Podolski (Reus 46″‘), Gomez (Klose 46″‘).
Cadangan: Wiese, Zieler, Schmelzer, Howedes, Mertesacker, Gundogan, Schurrle, Muller, Bender, Gotze, Reus, Klose.

Italia: Buffon (c), Chiellini, Balzaretti, Barzagli, Bonucci, Marchisio, De Rossi, Montolivo (Motta 63″‘), Pirlo, Balotelli (Di Natale 70″‘), Cassano (Diamanti 58″‘).
Cadangan: Sirigu, De Sanctis, Ogbonna, Abate, Motta, Giaccherini, Diamanti, Nocerino, Di Natale, Borini, Giovinco.

Andria Gutama

Read Previous

FPP Kepri Gelar Sarasehan Keagamaan

Read Next

Olivier Giroud: Penerus Henry atau Chamakh?