• September 24, 2020

Sebulan, 9 PMA Tanamkan Investasi

BATAM, IsuKepri.Com — Selama Mei 2012, terdapat sebanyak 9 penanam modal asing (PMA) yang telah merealisasikan investasinya di Kawasan Pelabuhan dan Perdagangan Bebas Batam. Dengan nilai investasi mencapai 61,4 juta dolar Amerika Serikat (AS).

“Ke-9 perusahaan tersebut merupakan investasi baru yang masuk selama Mei 2012,” kata Kasudbit Humas dan Publikasi Badan Pengusahaan (BP Batam), Ilham Eka Hartawan, Rabu (13/6/2012).

Ilham kepada IsuKepri.Com menjelaskan, ke-9 perusahaan asing tersebut berasal dari Jerman, Singapura, India serta Korea. Dengan bidang perusahaan bergerak di industri pendukung minyak lepas pantai, logam, jasa dan elektronik.

“Industri pendukung pengeboran minyak lepas pantai dinilai masih sangat menjanjikan dan banyak diminati,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) dan Humas BP Batam, Dwi Djoko Wiwoho menyebutkan, dari Januari hingga Mei 2012, jumlah PMA yang menyatakan minat untuk berinvestasi di Batam mencapai 36 perusahaan. Dengan nilai investasi mencapai 103,975 juta dolar AS dan penyerapan tenaga kerja mencapai 19.276 orang.

PMA yang masuk Batam sejak Januari hingga Mei 2012 berasal dari Singapura, Malaysia, Australia, Italia, India dan Amerika Serikat. Serta PMA yang berasal dari Jerman, Korea Selatan, Philipina, Sri Langka, dan British Virgin Island.

“Aplikasi tidak hanya didominasi dari PMA negara Asia saja. Namun juga PMA yang berasal dari negara Amerika Serikat dan Eropa,” katanya.

Sementara itu pada 2012, BP Batam mendapatkan anggaran promosi untuk menarik minat investor menanamkan modalnya di daerah ini sebesar Rp7,5 miliar. Anggaran tersebut digunakan untuk mempromosikan Batam sebagai kawasan investasi ke sejumlah negara di Asia Timur dan Eropa.

“Karena kawasan Amerika dan Eropa tengah dilanda krisis global, maka tujuan promosi utama kami adalah Asia Timur yang dinilai lebih prospektif. Namun, bukan berarti mengabaikan Amerika dan Eropa,” ungkapnya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Demokrat Usung Nizar-Rudi untuk Walikota Tanjungpinang

Read Next

Masyarakat Batam Minta Perbaikan Jembatan di Gesa