• September 25, 2020

Olivier Giroud: Penerus Henry atau Chamakh?

Olivier Giroud adalah striker kedua yang berhasil ditransfer oleh manajer Arsenal Arsene Wenger untuk musim 2012-2013. Seketika publik Emirates Stadium menaruh ekspektasi tinggi kepada striker-striker baru ini agar dapat mempersembahkan trofi yang telah 7 tahun lamanya tidak singgah ke lemari trofi Arsenal. Ini bukan pertama kalinya Arsene Wenger membeli striker, dengan berbagai hasil baik itu baik maupun mengecewakan.

Berikut beberapa striker yang pernah dibeli oleh Arsene Wenger dan hasilnya:

[tab name=”1″]

Marouane Chamakh

Striker internasional timnas Maroko ini berstatus bebas transfer dari klub Ligue 1 Bordeaux. Di bawah pimpinan pelatih Bordeaux Laurent Blanc, sebenarnya Chamakh cukup sukses. Ia mencetak 16 gol dan 7 assist dalam 1 musim. Sayangnya performanya menurun drastis ketika pindah ke Arsenal, dan musim 2011-2012 ia hanya mencetak 1 gol saja, dan lebih banyak menghangatkan bangku cadangan. Mengecewakan.

[/tab]

[tab name=”2″]

Thierry Henry The King

Mungkin Thierry Henry adalah striker terbaik yang pernah didapatkan oleh Wenger. Wenger telah mengamati Henry semenjak ia bermain sebagai pemain sayap di Monaco. Karir Henry hampir tenggelam di Juventus. Wenger membeli Henry dan mengubah Henry dari semula bermain di posisi sayap menjadi salah satu striker legendaris yang pernah bermain di Liga Primer Inggris. Ia adalah top skor sepanjang masa Arsenal dan mendapat julukan King Henry. Sukses.

[/tab]

[tab name=”3″]

Gervinho

Total 18 gol dan 11 assist di musim terakhirnya bersama klub Ligue 1 Lille bukan catatan buruk bagi seorang striker. Ketika pramusim bersama Arsenal pun ia mencetak 2 gol ke gawang FC Cologne. Sepertinya masa depan Gervinho di Arsenal akan cerah. Tetapi di akhir musim pertamanya bersama Arsenal, ia hanya mencetak 4 gol saja dan beberapa assist untuk Robin Van Persie. Ia masih punya waktu untuk meningkatkan skillnya, akan tetapi untuk saat ini, ia mengecewakan.

[/tab]

[tab name=”4″]

Robin Van Persie aka RVP

Robin Van Persie (RVP) ditransfer dari Feyenoord dengan status pemain muda Belanda yang menjanjikan. Arsene Wenger mengubahnya dari sayap kiri menjadi striker tunggal sejak kepergian Thierry Henry. Tetapi cedera akrab dengan RVP di tahun-tahun pertamanya bersama Arsenal. Fans Arsenal mulai kecewa. Tetapi keadaan berubah pada musim 2011-2012 saat Samir Nasri dan Cesc Fabregas pergi meninggalkan Arsenal. RVP ditunjuk menjadi kapten dan ia melalui musim 2011-2012 tanpa cedera, bermain sangat impresif dan menjadi top skor Liga Primer Inggris musim 2011-2012 sekaligus menjadi pemain terbaik Liga Inggris. Sukses.

[/tab]

[tab name=”5″]

Emanuel Adebayor

Emanuel Adebayor pindah ke Arsenal pada tahun 2006 setelah mengalami musim yang mengecewakan di Monaco. Pada tahun 2007 ia mencapai performa puncaknya dengan mencetak 30 gol dan 5 assist di semua kompetisi, dan mengantarkan ia di PFA Premier Team of The Year. Sukses, hanya saja mungkin beberapa fans Arsenal membencinya karena ia memutuskan untuk pindah ke Manchester City dan melakukan sesuatu terhadap fans Arsenal dan striker Arsenal Robin Van Persie yang mungkin tidak akan pernah dimaafkan fans.

[/tab][end_tabset]

(net/andria)

0 Reviews

Write a Review

Andria Gutama

Read Previous

Semifinal EURO 2012 Jerman vs Italia (1-2)

Read Next

PMII Desak Kejari Periksa dan Tahan Komisioner KPU