7 Hotel Baru Segera Dibangun

BATAM, IsuKepri.Com — Sebanyak 7 hotel baru akan dibangun pada tahun 2012, menyusul sudah keluarnya izin prinsip dari Dinas Pariwisata Kota Batam yang diajukan para pemohon. Dari izin prinsip yang telah dikantongi, selanjutnya pengusaha yang akan membangun hotel diwajibkan untuk melengkapi syarat-syarat lainnya.

Diantara syarat yang harus dilengkapi adalah kajian dampak lingkungan dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Daerah (Bapedalda) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) dari Dinas Tata Kota (Distako) Batam. Selain itu, pembangunan hotel baru juga harus disesuaikan dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Kabid Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata Kota Batam menyatakan, hotel-hotel baru yang akan dibangun tersebut terletak di sejumlah lokasi. Seperti di Seraya (1), Penuin (2), Batu Ampar (2), Tanjung Uncang (1) dan Nagoya New Town (1).

“Sebagian hotel baru tersebut sudah memasuki tahap penyelesaian pembangunan, kemudian siap beroperasi dan sebagian lagi izin prinsipnya masih akan ditindakanjuti,” ungkapnya, Selasa (26/6).

Menurut Rudi, dari hotel-hotel yang akan dibangun tersebut tidak ada hotel berbintang lima. Sebagian hotel tersebut masuk kategori hotel bintang 1-4 dan hotel non bintang.

Namun 7 hotel tesebut akan menambah jumlah hotel di Batam yang saat ini mencapai 130 hotel. Yang terdiri dari 53 hotel berbintang 1-4 dan 77 hotel non bintang. Sedangkan total kamar akan bertambah sekitar 700 kamar dari 6.500 kamar yang sudah beroperasi saat ini.

Rudi mengungkapkan, pembangunan hotel baru dan sarana akomodasinya, diantaranya didasarkan pada tingkat okupansi hotel di suatu kawasan. Jika tingkat okupansi rata-rata diatas 60%, maka dimungkinkan untuk membangun hotel baru dan sarana akomodasinya.

Sampai sejauh ini, okupansi hotel di Batam cukup tinggi, diatas 60% meski fluktuatif. Bahkan kalau sedang peak season bisa mencapai 80%, katanya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Dua Perempuan Didakwa Lakukan Kekerasan

Read Next

Kepri Turunkan 6 Pelajar di Kejurnas Antar Pelajar