• September 27, 2020

16 SMP di Batam Tak Lulus UN 100 Persen

BATAM, IsuKepri.Com — Berdasarkan informasi diperoleh dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, sebanyak 16 SMP Negeri dan Swasta di Batam dinyatakan tidak lulus 100 persen dalam Ujian Nasional (UN) 2012. Sayangnya Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin enggan menyebut nama-nama sekolah yang tidak lulus UN 100 persen itu.

“Masih rahasia dong, nanti kalau disebutkan sekarang, malah tidak kejutan lagi bagi sekolah. Biar guru dan siswa penasaran,” ujar Muslim Bidin menjawab IsuKepri.Com, terkait kelulusan UN SLTP sederajat yang akan diumumkan hari ini, Sabtu (2/6/2012).

Meski masih ada 16 sekolah yang tidak lulus 100 persen, namun secara keseluruhan perolehan 10 besar nilai tertinggi masih tetap didominasi SMP Kota Batam. Diantaranya  rangking pertama diduduki pelajar dari SMP Lukman Hakim, rangking kedua SMP Darusalam I, rangking ketiga SMP Kartini II, rangking keempat diduduki SMPN Darusalam I, rangking kelima SMPN 3 Batam, rangking keenam SMPN 9 Batam, rangking ketujuh SMP Darusalam I, rangking kedelapan SMPN 3 Batam, rangking kesembilan SMPN 3 Batam, dan rangking kesepuluh diduduki SMPN 3 Batam.

Malah secara umum, Muslim merasa puas atas angka kelulusan UN di Kota Batam. Karena ada peningkatan angka kelulusan hingga 0,60 persen dari tahun lalu, yakni mencapai 99,50 persen. Malah untuk nilai tertinggi hasil UN murni se Kepri, masih diraih pelajar dari Batam asal SMPN 3 Batam dengan nilai UN Murni 35,80.

“Lumayan perolehan 10 besar nilai tertinggi UN se Kepri semuanya di borong pelajar dari Batam. Malah nilai tertinggi UN juga masih dari Batam, ini merupakan prestasi yang patut kita syukuri,” ujar Muslim Bidin kepada IsuKepri.Com.

Menurut Muslim, sekolah yang tidak lulus 100 persen itu kebanyakan berasal dari SMP Negeri. Untuk itu, Muslim meminta agar sekolah tersebut dapat meningkatkan disipilin guru dalam mengajar, serta siswanya lebih disipilin lagi dalam belajar. Meski Muslim juga merasa pihak sekolah sudah melakukan pengajaran maksimal mungkin, namun perlu mengoreksi faktor apa saja penyebabnya sehingga perolehan hasil UN ini tidak sesuai dengan harapan sekolah.

Sementara rata-rata siswa yang tak lulus UN dari 16 sekolah ini jatuh pada pelajaran matematika, walaupun terdapat siswa SMP yang mendapatkan nilai 10 namun jumlahnya tidak signifikan.

“Kalau mata pelajaran matematika itu sebagai penyebabnya. Maka kita harus mengevaluasi penyebabnya, apakah persiapan siswa yang kurang bagus, infrastruktur yang kurang mendukung, gurunya yang kurang bisa memberikan proses pembelajaran yang menarik,” pungkasnya. (eki)

Tabel Hasil UN SMP 2012

Peraih 10 Besar Nilai UN Tertinggi SLTP Se Kepri

1. SMP Lukman Hakim Batam
2. SMP Darussalam I
3. SMP Kartini II
4. SMP Darussalam I
5. SMPN 3 Batam
6. SMPN 9 Batam
7. SMP Darussalam I
8. SMPN 3 Batam
9. SMPN 3 Batam
10 SMPN 3 Batam.

Persentase Hasil UN Se Kepri

1. Bintan 100 Persen
2. Batam 99, 50 Persen
3. Karimun 99,43 persen
4. Anambas 98,43 Persen
5. Natuna 96,40 Persen
6. Tanjungpinang 95,80 Persen
7. Lingga  84,84 Persen

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Warga Dua Serumpun Ikuti Seminar di Batam

Read Next

Mencintai Indonesia dari Kepri