Wawasan Kebangsaan Pondok Pesantren Perlu di Galakkan

Karimun, isukepri.com – Forum Pemberdayaan Pesantren Kepulauan Riau mengajak seluruh pimpinan dan pengasuh pondok untuk meningkatkan pemahaman wawasan kebangsaan. Pesantren merupakan lembaga pendidikan non formal yang tertua di Indonesia. Pesantren telah banyak berkorban untuk memperjuangkan bangsa dan negara.

Kegiatan seminar wawasan kebangsaan dengan tema ” Peran Pesantren sebagai Pilar Pendidikan Bangsa ” diadakan di Pondok Pesantren Darul Furqon, pada Rabu, 30/05/2012.

” Keberadaan Pesantren yang masih terkesan eksklusif, sehingga ,perlu dilakukan kunjungan dalam bentuk seminar-seminar,” ungkap Drs. H. Jumazi, M.Si Kasubang TU Kementrian Agama Kabupaten Karimun.

Jumazi juga menyampaikan bahwa, Peran pesantren ditengah-tengah masyarakat harus dimaksimalkan lagi. Apalagi saat di era globalisasi, maka lulusan pondok pesantren harus benar-benar siap untuk bersaing.

Hadir sebagai narasumber H. Azhary Hasyim, BA Ketua Majelis Ulama Kabupaten Karimun, Muhammad Faqih, S.Pd.I – Pondok Pesantren Darul Furqon Karimun, H. Bima Sakti, S.Ag  Sekretaris FKPAI Provinsi Kepri serta Ust. Rizaldy Siregar Ketua Forum Pemberdayaan Pesantren Kepulauan Riau.

Pihak pesantren sangat mengapresiasia kegiatan seminar wawasan kebangsaan ini. hal ini dungkapkan oleh wakil pimpinan Pondok Pesantren Darul Furqon, H. Abdul Wahab, S.Ag.

” Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan  secara berkelanjutan, agar pesantren selalu diperhatikan,” ujar Abdul Wahab.

Disela-sela seminar, Rizaldy Siregar yang merupakan Ketua FPP Kepualaun Riau menyampaikan mengenai pembanbgunan Sistem Informasi Management ( SIM ) Kepulauan Riau yang berfungsi untuk mendata seluruh Pondok Pesantren. SIM juga dapat berfungsi sebagai website bagi seluruh Pondok Pesantren yang ada di Kepulauan Riau. Hal ini digunakan agar seluruh informasi mengenai Pondok Pesantren dapat diakses oleh seluruh masyarakat. Target FPP juga adalah mengelola seluruh data Pondok yang ada di Kepulauan Riau. SIM-PONPES-KEPRI dapat diakses melalui situs www.sim-ponpes-kepri.com

” Kami berharap dengan adanya sistem ini, Pondok Pesantren menjadi lebih eksis lagi ” ujar Rizaldy.

suprapto

Read Previous

MUI Beri Pelatihan Menangkal Pengaruh Globalisasi

Read Next

10 Lokasi Tambang Pasir Ilegal Ditertibkan