• September 25, 2020

Tiga Nilai Bagi HMI Jaga Eksistensi

TANJUNGPINANG, IsuKepri.Com — Eksistensi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) bagi umat dan bangsa harus tetap dijaga. Mantan Ketua Umum Pengurus Besar (PB) HMI, Akbar Tanjung menyebutkan, ada tiga nilai bagi HMI untuk mampu mempertahankan eksistensinya bagi umat dan bangsa. Yakni melekatnya nilai-nilai ke-Islam-an, ke-Indonesia-an dan ilmu pengetahuan.

“Nilai-nilai ke-Islam-an, ke-Indonesia-an dan ilmu pengetahuan harus melekat dalam diri kader HMI. Agar kedepan tetap mampu menjaga eksistensi organisasi,” ujar Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar ini dalam Latihan Kader II (Intermediate Training) tingkat nasional HMI Cabang Tanjungpinang-Bintan di Hotel Bali, Kamis (17/5/2012).

Menurut Akbar Tanjung, nilai-nilai ke-Islam-an yang harus diperkuat oleh kader HMI adalah yang mengandung nilai-nilai universal. Sehingga Islam akan semakin terasa sebagai ajaran yang Rahmatan Lil Alamin (rahmat bagi seluruh alam).

Begitupun dengan ilmu pengetahuan, sebagai nilai yang identik di dunia kemahasiswaan yang berbasiskan intelektual. Yang sangat bermanfaat bagi kader-kader HMI, tidak hanya saat ini, namun juga bekal nantinya dalam pengabdian yang lebih luas di masyarakat.

“Pembangunan nasional tidak lain adalah pembanngunan manusia seutuhnya. Tidak hanya berupa fisik material semata, tapi juga dimensi spiritual,” ujarnya.

Pendiri Akbar Tanjung Institut ini masih yakin HMI memiliki posisi penting dan strategis dalam mempersiapkan calon-calon pemimpin di masa mendatang. Ini akan semakin mudah dilakukan dengan adanya proses kaderisasi yang baik dan berkesinambungan.

Dengan banyaknya calon-calon pemimpin masa depan yang mampu dilahirkan oleh HMI, maka kader-kader HMI akan mampu menempati posisi-posisi penting di berbagai bidang kehidupan. Yang akan semakin memudahkan bagi terwujudnya masyarakat adil dan makmur, sebagaimana dicita-citakan bersama.

“Jika porses kaderisasi dapat dilakukan dengan baik, saya yakin akan lahir pemimpin-pemimpin yang kuat dari HMI yang bisa mengisi berbagai strata kepemimpinan yang ada,” ujarnya.

Latihan Kader II HMI Cabang Tanjungpinang-Bintan diikuti sebanyak 30 peserta dari sejumlah delegasi HMI Cabang se-Indonesia. Diantaranya dari HMI Cabang Sigli (Aceh), Medan, Lubuk Sikaping (Sumatera Barat), Pekanbaru (Riau), Sampit (Kalimantan Tengah), Natuna dan Tanjungpinang-Bintan (Kepri) dan cabang lainnya.

Kegiatan dilaksanakan sejak 14 hingga 21 Mei 2012 dengan berbagai materi ke-Islam-an, ke-HMI-an, kepemimpinan, manajemen, organisasi dan lainnya. Instruktur dalam kegiatan ini diantaranya Suryadi, Ahmad Nur Effendi, Zulham Arif dan Bang Ito.

Selain Akbar Tanjung, sejumlah pemateri tingkat nasional dan regional juga mengisi kegiatan yang dilaksanakan secara rutin oleh setiap HMI Cabang se-Indonesia ini. Seperti Harry Azhar Azis (Wakil Ketua Komisi XI DPR RI), Ismeth Abdullah (mantan Gubernur Kepri), Surya Makmur Nasution (Sekretaris Komisi II DPRD Kepri), Zamzami A. Karim (Ketua Stisipol Tanjungpinang) dan Handiro Efriawan (Ketua Umum HMI Badko Riau-Kepri). (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Akbar Tanjung Inginkan Kader HMI Jadi Pemimpin Masa Depan

Read Next

Komisioner KPUD Batam Akan Kembali Diperiksa