• September 30, 2020

Input Data e-KTP Ditargetkan Selesai Akhir September

BATAM, IsuKepri.Com — Tahapan input database e-KTP nasional mulai dilaksanakan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Batam. Saat ini, Disdukcapil tengah menyiapkan kemampuan SDM di lingkungan PNS Disdukcapil maupun aparatur Kecamatan untuk dapat mengoperasikan input database.

“Kami juga merangkul Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil yang telah bekerjasama dengan SUCOFINDO sebagai mitra asistansi teknis e-KTP di beberapa Kota besar di Indonesia, untuk melakukan Bimbingan Teknis (Bimtek) di lingkungan Pemerintah Kota Batam,” kata Kepala Disdukcapil, Sadri Khairudin kepada IsuKepri.Com, kemarin.

Bimtek diikuti sebanyak 48 operator Kecamatan dengan setiap Kecamatan 4 operator dan 4 operator tambahan di tingkat Disdukcapil Kota Batam. Kegiatan Bimtek aplikasi e-KTP Nasional diselenggarakan oleh Ditjen Kependudukan dan Capil Kementrian dalam Negeri, di Aula Aziziyah Asrama Haji Batam dari tanggal 29-30 Mei 2012.

Sadri menjelaskan, para peserta inilah yang nantinya akan menjadi ujung tombak pelaksana e-KTP dilapangan. Yang dituntut, sebelum Oktober 2012, validasi database kependudukan dapat diranpungkan.

Dalam merekam database nantinya, setiap operator harus mampu memberikan validasi data yang baik. Karena permasalahan yang sering muncul justru di level pengurusan di bawah,” pesannya kepada operator e-KTP.

Sadri mengingatkan, masyarakat yang akan direkam datanya harus benar-benar dipastikan dan direview melalui alat rekam pindai IRIS dan Pindai Sidik, jari harus benar terekam dengan baik. Sedangkan untuk menjangkau masyarakat hinterland dan pulau-pulau, nantinya petugas Kecamatan akan didampingi petugas Disdukcapil.

“Kalau perlu, petugas menginap agar dapat menjangkau seluruh lapisan dan jajaran masyarakat dalam merekam data e-KTP nantinya, kata Sadri. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Tertib Lalu Lintas Belum Jadi Budaya

Read Next

Beasiswa Bagi Pelajar Berprestasi Akan Diperluas