Dinas PMPK-UKM Pasang 752 Fasilitasi Listrik di Perbatasan

BATAM, IsuKepri.Com — Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPK-UKM) Kota Batam mengadakan dan memasang sebanyak 752 unit pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) atau solar home system. Pengadaan dan pemasangan PLTS ini merupakan program fasilitasi listrik pedesaan atau kepulauan yang telah dilakukan Dinas PMPK-UKM hingga akhir 2011 lalu.

Selain pengadaan dan pemasangan PLTS, Dinas PMPK-UKM juga telah melaksanakan program pengadaan mesin genset dengan segala fasilitasnya. Program pengadaan mesin genset sejak 2002 hingga 2011 ini dilaksanakan di 31 titik lokasi, sebagai salah satu dari program pengentasan kemiskinan yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Batam bersama dengan Pemerintah Provinsi Kepri.

“Program pengadaan mesin genset dan pembangkit listrik tenaga surya ini sangat membantu masyarakat hinterland yang sulit dijangkau listrik PLN,” ujar Kepala Dinas PMPK-UKM Kota Batam, Amsakar Achmad di Batam Centre, Sabtu (11/5/2012).

Amsakar menjelaskan, pengadaan mesin genset dengan segala fasilitasnya ini diantaranya tersebar di sejumlah Kecamatan seperti Galang, Bulang, Belakang Padang, Sei Beduk dan Sagulung. Dengan fasilitas genset yang diberikan meliputi jaringan, rumah genset, titik api serta perangkat pengamanan lainnya.

Khusus tahun 2011, pengadaan mesin genset ditambahkan dengan pengadaan dan pemasangan PLTS. Pengadaan ini tersebar di 6 lokasi pemasangan, seperti di Pulau Seraya 80 Kva, untuk 130 Rumah Tangga Sasaran (RTS), Kelurahan Air Naga 60 KVA untuk 83 RTS, Pulau Gara (Kasu) 45 KVA untuk 55 RTS, Selat Nipah30 KVA untuk 43 RTS, Pulau Aweng 30 KVA untuk 53 RTS dan Bulang Kebam 100 KVA untuk 135 RTS.

Sehingga total rumah tangga sasaran yang telah di aliri listrik adalah 1.251 RTS, jelas Amsakar.

Sementara untuk pengadaan dan pemasangan PLTS, diantaranya dilaksanakan di Tanjung Gundap Kelurahan Tembesi (Sagulung) dan Pulau Panjang Kelurahan Sijantung, Kelurahan Subang Mas, Air Lingka Kelurahan Galang Baru dan Kelurahan Air Raja (Galang). Serta pulau Geranting Kelurahan Pulau Terong (Belakang Padang).

Keberadaanya genset dan PLTS ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi perkembangan pendidikan anak-anak di Hinterland. Untuk membiayai operasional mesin genset dan PLTS Tersebut, masyarakat dapat mengelola melalui koperasi yang ada dengan mengembangkan potensi-potensi yang ada di daerah tersebut dan tidak sepenuhnya bergantung pada subsidi dari pemerintah. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

Peserta LK2 Nasional HMI Tanjungpinang Mulai Berdatangan

Read Next

Batam Kekurangan Ratusan Guru Matematika dan IPA