• September 25, 2020

Batam Akan Bangun Kebun Raya

BATAM, IsuKepri.Com — Pemerintah Kota Batam bersama Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) akan mengembangkan Kebun Raya di kawasan Kecamatan Nongsa. Kebun raya yang akan dibangun diatas lahan seluas 87 hektar ini, sekaligus dijadikan Taman Hiburan The View of Indonesia sebagai tempat penelitian dan konservasi tumbuhan.

Walikota Batam, Ahmad Dahlan menyatakan, Pemko Batam dan BP Batam serta Ketua LIPI, Lukman Hakim telah melakukan penandatangan nota kesepahaman untuk mengembangkan proyek kebun raya itu. Kerjasama dengan LIPI dilakukan untuk pembangunan kebun raya Batam, yang akan menjadi tempat penelitian dan konservasi tumbuhan, kata Ahmad Dahlan, Senin (21/5/2012).

Kebun raya  itu nantinya, jelasnya, akan ditanami berbagai ragam tanaman Indonesia. Sedangkan taman rekreasi dan hiburannya akan dibangun di sekitar kawasan Kebun raya tersebut. Taman hiburan ini akan diramaikan dengan berbagai jenis rumah adat yang menampilkan tradisi dan budaya dari berbagai daerah Indonesia.

Konsep taman hiburan The View of Indonesia sekaligus menggambarkan keragaman suku budaya yang ada di Batam, ungkapnya.

Tahap awal, kata Dahlan, pihaknya akan membuat Detail Engineering Design (DED) kebun raya dan Taman The View Of Indonesia. DED akan dibuat pada tahun 2013 nanti. Sedangkan untuk pembagunan infrastruktur dan pendukung lainnya, dilakukan secara bertahap.

Nanti akan ada bantuan dari Pemerintah Pusat, harap Dahlan.

Sementara itu Ketua LIPI, Lukman Hakim mengatakan pembangunan kebun raya ini merupakan salah satu langkah penyelematan konservasi alam yang saat ini semakin tidak diperhatikan.

Ia menilai pembangunan yang berjalan saat ini tidak memperhatikan konservasi alam, terutama habisnya lahan di Sumatra, Kalimantan dan Papua. Karena itu dia menyambut rencana pembangunan kebun raya di Batam.

Perpres Nomor 93 Tahun 2011 tentang Kebun Raya menjadi dasar kita dalam memperjuangkan kebun raya di daerah untuk diwariskan generasi mendatang, imbuhnya. (eki)

0 Reviews

Write a Review

iwan

Read Previous

The Game (1997)

Read Next

Siap-siap, Pemadaman Listrik Hingga Juni