• September 27, 2020

Politisi Asia Pasifik Akan Kumpul di Makassar

Kota Makassar digadang-gadang menjadi tuan rumah pertemuan Centrist Asia Pasific Democrats International (CAPDI), atau Konferensi Internasional Partai Politik se-Asia Pasifik.

Penunjukan Kota Makassar tersebut mengemuka dalam pertemuan antara delegasi Centrist Asia Pasific Democrats International (CAPDI) dengan Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, Minggu, 29 April 2012.

Kami akan menggelar pertemuan ini pada Februari 2013 mendatang, kata pendiri CAPDI Jose De Venecia di Rumah Jabatan Walikota Makassar, 29 April 2012.

Dalam pertemuan tersebut, mantan Ketua DPR Filipina lima periode ini didampingi 9 delegasi lainnya. Ia mengaku, penunjukan Makassar sebagai tuan rumah karena rekomendasi mantan Wakil Presiden RI, HM Jusuf Kalla, yang juga sebagai Presiden CAPDI selama dua periode.

Lebih jauh, Jose De Venecia menjelaskan, bahwa CAPDI merupakan organisasi yang bertujuan memberantas kemiskinan, korupsi serta menyelesaikan konflik di Asia Pasifik. Salah satunya adalah terciptanya perdamaian di Timor Leste dan Kamboja.

Itu adalah pencapaian terbesar sejak terbentuknya CAPDI, tambah Jose yang baru pulang dari Timor Leste mendirikan konsulat perdamaian Asia Pasifik ini.

Sementara itu Walikota Makassar, Ilham Arief Sirajuddin, menyambut baik rencana CAPDI yang menunjuk Makassar sebagai tuan rumah. Bahkan tak berfikir lama, ia langsung menyatakan kesiapan menjadi penyelenggara pertemuan tersebut.

“Kami saat ini memiliki fasilitas yang lengkap. Sehingga kami siap untuk menjadi tuan rumah even apapun, apalagi yang berskala internasional, ujar Ilham.

Berdasarkan daftar tamu, sejumlah delegasi CAPDI yang hadir antara lain, Wakil Perdana Menteri Kamboja Sok An, Sekjen Partai Liga Muslim Pakistan Mushahid Hussain, Sekretaris Kabinet Pemerintah Kamboja Sous Yara, Sekretaris Wakil Perdana Menteri Kamboja Kong Chanvesana.

Selain itu, Anggota DPR Filipina Franxise Manglapus juga hadir bersama Deputi Sekjen CAPDI Yasril Ananta Baharuddin, Deputi Chairman CAPDI Iskandar Manji dan Marsekal Muda (Purn) Pieter LD Wattimena.

 

Sumber : Vivanews

0 Reviews

Write a Review

Admin Isu Kepri

Read Previous

Blokir Internet, Iran Siapkan Versi Halal

Read Next

1.000 Personil Polisi Amankan May Day di Batam