• September 26, 2020

Politikus PKS: Ternyata Suara Golkar itu Ide SBY

Metrotvnews.com, Jakarta: Politikus Partai Keadilan Sejahtera Aboe Bakar Al Habsy meminta masyarakat menilai siapa yang pintar: apakah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) atau Aburizal Bakrie (Ical). Pernyataan itu disampaikan Aboe di DPR/MPR, Jakarta, Rabu (11/4), menanggapi bocornya pidato SBY di depan kader Demokrat pada 1 April lalu.

Dalam rapat lebih satu jam itu SBY mencurahkan kegundahannya seputar sikap parpol yang plin-plan, terutama yang tergabung di koalisi, menjelang dan saat paripurna kenaikan harga BBM, 30 Maret lalu. SBY menjelaskan, materi opsi kedua, yakni penambahan ayat 6 (a) dalam Pasal 7 RUU APBNP 2012 merupakan idenya. Pidato itu bocor ke media.

Dalam ayat tambahan itu, pemerintah diberi kewenangan menyesuaikan harga BBM bersubsidi jika harga minyak mentah Indonesia (Indonesia Crude Price/ICP) di atas 15 persen dari asumsi ICP pada APBN 2012, yakni USD 105 per barel, dalam kurun enam bulan.

Pernyataan SBY itu kontras dengan perkataan Ical yang disampaikan dalam pidato politiknya di kantor DPP Golkar, Sabtu (31/3) lalu. Ical menyebut kadernya memainkan peran baik tanpa mengikuti arus opini yang berkembang terkait sejumlah usulan alternatif terhadap revisi UU APBN Perubahan 2012.

“Biarkan masyarakat yang menilai, siapa yang pintar, SBY atau Ical. Yang jelas, saya mencatat ini menunjukkan kelas SBY. Beliau tak seperti yang selama ini diduga, beliau hebat,” kata Aboe.

Aboe menyindir, ternyata ide yang dianggap milik Partai Golkar adalah punya SBY. Artinya, kata Aboe, suara Golkar bukan suara rakyat tapi suara SBY. Isi rekaman pidato SBY juga membuktikan bahwa forum lobi antar fraksi yang berlangsung hampir tujuh jam terjadi karena menunggu keputusan Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie.  Saat itu Ical tengah berada di dalam pesawat menuju Papua.

Aboe menilai isi pidato SBY di hadapan kader Partai Demokrat menunjukan suasana dan kondisi kebatinan partai berlambang mercy itu. “Beliau (SBY) kan founding fathernya. Pada prinsipnya kita tak perlu komentari, itu kan dapur mereka. Kita juga tak tahu ini bocor atau dibocorin,” kata Aboe Bakar. (Andhini)

0 Reviews

Write a Review

Admin Isu Kepri

Read Previous

Ini Rekaman Pidato SBY yang Bocor

Read Next

KPK : tersangka gratifikasi PON Riau akan bertambah