• September 30, 2020

FPP Kepri Tingkatkan Potensi Pesantren

Bintan, Isukepri.com – Forum Pemberdayaan Pesantren ( FPP )  Kepulauan Riau adakan ceramah kebangsaan di Pondok Pesantren Hidayatullah Bintan. Kegiatan yang dihadiri lebih kurang 80 santri Ponpes Hidayatullah baik Tanjungpinang maupun Bintan dibuka oleh Kepala Kementrian Agama Kabupaten Bintan, Drs H. Arusman Yusuf.

Dalam pemaparannya Arusman, menyampaikan bahwa Pondok pesantren adalah lembaga yang harus mampu mencetak ahli-ahli pemikir.

Pondok pesantren harus berhasil mencetak Ulul Albab atau pemikir-pemikir Islam. Hal ini mungkin saja terjadi Karen rutinitas pesantren berjalan selama 24 Jam. .tegas Arusman.

Selain itu beliau juga mengharapan pimpinan atau pengasuh harus sering melakukan koordinasi dengan Kementrian Agama, baik mengenai kurikulum maupun aktivitas santri.  Hal ini berfungsi untuk memperlancar komunikasi terutama jika ada bantuan-bantuan yang dapat disalurkan.

Diharapkan Pondok pesantren harus sering melakukan komunikasi kepada pihak Kementrian Agama. Baik itu sharing permasalahan pondok pesantrena, aktifitas maupun masalah pendanaan . imbuhnya.

Pesantren Hidayatullah Bintan merupakan pesantren yang ke-7 yang telah di datangi oleh FPP Kepulauan Riau. Hal ini dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan peran serta potensi pondok pesantren. FPP berfungsi sebagai mediator bagi pengambil keputusan dalam membantu dan melihat kondisi realitas pesantren.

FPP menjadi wadah untuk menjalin komunikasi antara stage holder dengan pimpinan pondok pesantren . ungkap Rizaldy sebagai ketua FPP Kepri yang juga pegawai di Kementrian Agama.

FPP Kepri juga telah membangun Sistem Informasi Management Pondok Pesantren, hal ini dilakukan dalam upaya untuk mempublikasi informasi mengenai pesantren kepada masyarakat luas. Untuk situs Sistem dapat diakses melalui alamat www.sim-ponpes-kepri.com .

Pimpinan Pondok Pesantren, M. Basri sangat senang menyambut kegiatan ini, dan berharap kegiatan serupa dapat belangsung seterusnya. Pondok Pesantren Hidayatullah berharap kunjungan-kunjungan serupa sering digalakkan. Hal ini berfungsi sebagai nutrisi / masukan bagi warga binaan Pondok Pesantrenen . Papar nya.

Pesantren merupakan laboratorium hidup yang berfungi untuk memperbaiki akhlak manusia. Hal ini lah yang kian hari pesantren menjadi diminati oleh masyarakat. pendidikan dipesantren mencakup para perbaikan moral, mental serta kemampunan  manusia

Pada kegiatan ini juga FPP menyerahkan bantuan beasiswa kepada santri Pondok Pesantren Hidayatullan, sedangkan Kementrian Agama menyerahkan bantuan berupa Al-Qur’an terjemahan dan surat Yasin.

 

0 Reviews

Write a Review

Admin Isu Kepri

Read Previous

Pertemuan BEM Nusantara V di demo mahasiswa

Read Next

Review Film Mirror Mirror